Kamis, 17 Mei 2018

8 TAHUN PONPES TAHFIZH QUR'AN IBNU KATSIR JEMBER




(15 Mei 2011 - 15 Mei 2018)

Alhamdulillah seiring usia sewindu Ibka, kami bersyukur kepada Alloh SWT berkat karuniaNya perjuangan dakwah Al Qur'an membina para hafizh generasi terbaik Indonesia ini terwujud.


Sedikit kilas balik pendirian PPTQ IBNU KATSIR

Diawali Pengajian Akbar IKADI Jember di Lapangan PTPN 12 yang dirintis Pengurus Ikadi, Ust.Abuhasan, Prof. DR.Indarto STP, DEA, Ir.M.Zayin Syukri, DR. Marga Mandala, Ir. Syuhadak MM, dll. Pengajian ini sebagai media komunikasi dakwah dengan masyarakat.



1. Menjelang Ramadhan 1431 H  tepatnya di Juli 2010, 4 orang Pengurus Ikadi (KH.Khoirul Hadi Lc Al Hafizh, KH.Syukri Nursalim, Kyai Abuhasan AlHafizh & Agus Rohmawan) inisiator Pesantren berkumpul dalam silaturahim spontanitas bermufakat mendirikan PP Tahfizh, lantas di Musyawarahkan bersama Pengurus Ikadi Jember lainnya dan mencari serta menetapkan untuk membeli tanah seluas 8000 M2 di Jl Wisata Rembangan KM 7 Jember. Tanah itu dibebaskan bersama kaum muslimin dengan Metode Sertifikat Wakaf Tunai Rp.80.000 per Meter. (Luas tanah pondok di lokasi pertama ini/ sekarang KAMPUS 3 IBNU KATSIR sudah berkembang menjadi 3,2 Hektar dan Sejak 2016 baru dikelola Menjadi SMKIT serta didirikan Masjid Megah)

Ayahanda Suharman dan Bunda Aliah di depan Masjid Ibnu Katsir
2. Ahad 15 Agustus 2010 dalam PENGAJIAN AKBAR RUTIN IKADI JEMBER  di Lapangan PTPN 12 Rencana mulia mendirikan Pesantren cikal bakal Ibnu Katsir yang kala itu masih dinamai PPTQ (Pondok Pesantren Tahfizh Qur'an) IKADI JEMBER disosialisaikan pertama kali ke jamaah masyarakat Jember. H. Supandri (alm) salah 1 Manager Kebun di PTPN 12 menjadi wakif pertama dengan berdonasi 10 juta dan DR. Ahmad Hatta Ikadi Pusat selaku Pemateri Pengajian turut wakaf 10 juta pula. Alhamdulillah sepanjang Ramadhan 2010 terhimpun Rp.100.905.000

3. Periode Juli 2010 sampai Mei 2011 adalah masa pembebasan tanah Wakaf Rembangan, namun Alloh SWT menghendaki pemercepatan perjuangan. Alhamdulillah tanggal 1 Muharam 1432 H sebelum tanah Rembangan lunas, kami mendapat WAKAF GEDUNG yang sudah ada Masjidnya serta masih menyisakan tanah luas di jl. Mangga 18 Patrang Jember dari Wakif bu Hj. Mimin Sri Jamilah sekeluarga (Kini menjadi Lokasi KAMPUS 1 Ma'had Putra sekaligus kantor Pusat IBKA yg berjarak sama-sama 9 KM dari KAMPUS 3 Rembangan maupun KAMPUS 2 Pondok Putri). disini juga akhirnya kami bikin CLUSTER QUR'AN untuk para pengurus Pesantren total area sekitar 1 Hektar, PAUD QUR'AN dan MADINA (Madrasah Diniyyah Al Qur'an)

4. Dengan adanya Wakaf Gedung ini, artinya Pesantren bisa segera di Launching tanpa harus mendirikan Gedung. Luar biasa pertolongan Alloh SWT. Kemudian STUDI BANDING gencar dilakukan pengurus ke berbagai pesantren Tahfizh di Pulau Jawa untuk mencari pola dan melakukan pemercepatan, sampai pada kesimpulan Kami MULAI DARI PROGRAM S.1 dan FULL BEASISWA mulai dari Strata Pendidikan atas.

Peresmian PPA Ibnu Kasir
5. Ahad tanggal 15 Mei 2011, momentum bersejarah saat Pengajian Akbar Ikadi di Lapangan PTPN 12, Prof.DR.KH Ahmad Satori Ismail, MA Ketua Umum IKADI (Ikatan Da'i Indonesia) Pusat meresmikan PONDOK PESANTREN TAHFIZH QUR'AN IBNU KATSIR JEMBER, dengan pembacaan Basmallah dan Pemukulan Bedug.

6. Nama Ibnu Katsir (IBKA) dipilih sebagai nama Pesantren Tahfizh yang didirikan Ikadi Jember ini dengan beberapa alasan 1. Dinisbahkan kepada nama Ulama Besar Qur'an, Imam Ibnu Katsir 2. Tafsir Ibnu Katsir dipakai luas oleh berbagai mazhab di seluruh dunia. Artinya demikian pula harapannya IBKA bisa diterima semua pihak,  mengakomodir banyak pihak dan berjuang ke seluruh penjuru alam sebagaimana Al Qur'an itu Rahmat bagi semesta alam. selain itu guyonan barokahnya ya IBNU KATSIR biar Ibnuhu Katsir/anaknya banyak (Alhamdulillah itu menjadi do'a. Banyak yang berinteraksi dengan IBKA anaknya tambah banyak atau dimudahkan mendapat anak sholeh dan hafizh yang berjiwa pejuang. InsyaAlloh. Ada pengurus, ustadzah dan donatur menunggu 6, 8 bahkan 12 tahun, kemudian berinteraksi dengan Pesantren, Alhamdulillah atas izin Alloh SWT dikaruniai keturunan. Mendapat barokahnya Qur'an.

Majlis Dhuha Puslit Koka
7. Ibnu Katsir sebagai Leader Pesantren Tahfizh  semakin mendapat dukungan luas masyarakat, Pengajian Akbar sekali sebulan di Lapangan PTPN 12 dirasa kurang, maka 28 Mei 2012 di Launchinglah MAJELIS DHUHA (MD) difasilitasi BUMN Puslit Kopi dan Kakao Indonesia, MD adalah inovasi Pengajian Indoor dengan Fasilitas Audio Visual yang bagus dan di ruangan ber AC di AULA SOENARYO. Kami namai Majelis Dhuha (MD) dengan harapan baru,  semangat muda baru bersama Al Qur'an layaknya semangat pagi waktu Dhuha. (Direktur MD ke1 KH. 
Syukri Nursalim & ke2 Ust. Hari Setiawan S.Sos)

Majlis Dhuha Outdoor Kailwining
Serah Terima Gedung Aliah
8. Tahun 2013 berdiri Pesantren Putri Alhamdulillah  Penghujung Ramadhan 2013 tepatnya 29 Ramadhan sekitar jam 13.30 siang bunda Aliah M Suharman Notaris senior, IKRAR WAKAF kepada kami selaku wakil Nadzir IBKA, mengamanahi Wakaf Gedung siap pakai senilai 2 Milyar di Jl Hayam Wuruk XXI,  9 KM dari Kantor Pusat IBKA ke Arah Surabaya (sekarang disebut KAMPUS 2 IBKA).
Tahun Ajaran 2014 langsung menerima Mahasantri Putri, angkatan 1.

9. Tahun 2013 pula untuk lebih memfasilitasi animo masyarakat dalam belajar Al Qur'an dari berbagai level usia yang semakin tak terbendung, maka didirikanlah GEMMA (Gerakan Mencintai dan Memuliakan Al Qur'an) Ibnu Katsir. Gemma adalah wadah yang kini menampung lebih dari 1500 masyarakat dari berbagai usia dan strata pendidikan dalam kelas non Reguler. Bahkan Gemma sudah memiliki banyak RUMAH QUR'AN untuk menampung pembelajaran khususnya Tahfizh lebih intensif. (Direktur Gemma : Ir. Ridho Iwananda)

10. Lima tahun pertama 2011 sd 2015 kami fokus mencetak SDM hafizh dalam program inti Reguler di Ma'had Aly (Pesantren Tinggi) yang bertajuk "HAFAL QUR"AN 30 juz 2 tahun S1 FULL BEASISWA"

11, Kemudian baru di Periode 5 tahun kedua yaitu sejak 2016 selepas Mewisuda pertama kali Alumni IBKA Angkatan 1, kami secara hampir serentak mendirikan STRATA PENDIDIKAN DIBAWAH S,1 yaitu:
1. IBNU KATSIR 4 di MOJOKERTO untuk usia SMP (2016)
Wisuda PAUD Qur'an
2. SMKIT Ibnu Katsir di Kampus 3 Rembangan (2016)
3. PAUD QUR'AN IBKA di kompleks Kampus 1 (2016)
4. IBNU KATSIR 5 di BATU untuk Program Khusus Tahfizh 2 tahunbtanpa beban akademik formal (2017)
5. MADINA (Madrasah Diniyah Al Qur'an) yang berobsesi mencetak hafizh usia dini, insyaAlloh usia 10 sd 12 tahun Hafizh 30 juz)

Gedung Paud
Wisuda Qur'an Angkatan 3
12. Alhamdulillah di Sewindu IBKA kami sudah menghasilkan 3 Alumni Mahasantri putra yaitu pada
2015 wisuda Angk. 1,
2016 wisuda Angk. 2
2017 wisuda Angk. 3.
Allohumma sholii alaa Muhammad, 

13. insyaAlloh Tahun 2018 ini akan diwisuda  S.1 angkatan 4 Putra, dan angkatan 1 Mahasantri Putri serta akan di Wisuda PAUD QU IBKA angkatan 1 yang sebagian besar alumninya akan langsung melanjutkan ke MADINA IBNU Yayasan Ibnu Katsir Jember serta tak kalah menarik adalah rencana Pernikahan 17 pasang Hafizh Hafizhah para Alumni IBKA

Karantina Tahfizh Qur'an Ramadhan 
14. Program program akselerasi Tahfizh untuk mengisi liburan maupun Ramadhan dan berbagai pelatihan Qur'an yang dilaksanakan selama periode ini selalu dibanjiri ratusan peserta yang selalu over capacity yang memaksa panitia menambah quota. KLQ (Karantina Liburan Qur'an), Qur'an Camp Ramadhan, Dauroh Qur'an, Pelatihan Menghafal Metode Otak kanan, Pelatihan Balita Hafal Qur'an dll, Menjadi trend baru yang diikuti lembaga2 lain 

15. lantas sebagai bagian dari Syukur pula, betapa indahnya perkembangan pesantren ini karena dihiasi dengan keharuman ratusan Prestasi santri dari mulai tingkat lokal, provinsi bahkan Level juara Nasional seperti lomba-lomba Tahfizh yang diselenggarakan PIONEER, Darun Najah dan lain-lain. Juga lomba Fahmil Qur'an yang diselenggarakan oleh pesantren besar seperti Gontor dan Wadi Mubarok, juga lomba Al Mahir bi Fahmil Qur'an yang kemudian menjadi jalan bagi Ust Ruhul Muhammad, mahasantri angkatan 4, mewakili Indonesia ke Lomba tahfizh dan fahmil di Jeddah 2015 lalu. ALLOHU AKBAR

Bis Qur'an Ibka
Subhaanaalloh dlm kurun 8 tahun ini pula IBKA sudah mendapat 27 hadiah Umroh, 27 Motor Wakaf, 3 mobil dan 1 BUS QUR'AN untuk operasional. Semakin menguatkan kesyukuran Kami kepada Alloh SWT. Karenanya kami menyampaikan terimakasih, jazakumulloh khoiron katsiron kepada semua pihak terkait yang mungkin salah satunya Anda yang sekarang membaca tulisan ini, Semiga dilipatgandakan gantinya, pahala dunia dan pahala akherat.

InsyaAlloh besok Jum'at malam 3 Ramadhan Alumni Mahasantri terbaik Angkatan 3, Ust. M. Misbahol SPd.I Al Hafizh akan berangkat UMROH RAMADHAN sebagai apresiasi prestasinya. Maassalamah fii amanillah

Yaa Alloh Yaa Rohman terimalah sedikit ikhtiar kami Menolong AgamaMU ini..... Yaa Robb berkahilah seluruh anak biologis dan anak akademis kami, para pengurus, para donatur budiman yg tak dapat kami sebut satu persatu dan siapapun di belakang layar succes story ini. AAMIIN YRA Lahummul AL FAATIHAH

Ditulis 15 Mei 2018 diedit 1 Ramadhan 1439 H diatas KA Logawa otw Surabaya-Jember. Al Faakir fillah Agus Rohmawan

🇮🇩🇮🇩🕌🕌🕌💐💐💐🇵🇸🇵🇸

3 komentar:

  1. Maaf. Kalau 8 taun dr 2011 ya sekarang 2019 baru Milad 8 tahunnya.

    BalasHapus
  2. JAMABET RESORT, INC., INC. - JTM Hub
    JAMABET 광주 출장안마 RESORT, INC. 제주도 출장마사지 (JAMABET, Inc. 하남 출장샵 (NASDAQ: JAMABET, INC. ERI), an 여수 출장안마 integrated entertainment and entertainment company 양주 출장샵 based out of Chicago,

    BalasHapus